Riview Jurnal E-Business

Jurnal 1

Judul
 :
Upaya Pengembangan E-Business Dalam Pemasaran Produk Secara International
Studi Kasus
 :
(Studi pada Akademi Bisnis Online Indonesia Surabaya)
Penulis
 :
Hifzhan Frima Thousani
Terbit
 :
01 Juni 2015
Metode Penelitian
 :
Setiap penelitian diperlukan metode yang dipakai untuk pedoman atau landasan dalam penelitian agar tujuan dan maksud dari penelitian dapat dicapai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Lokasi Penelitian
 :
Lokasi penelitian adalah tempat di mana penelitian dilakukan, untuk memperoleh data atau informasi yang diperlukan. Lokasi penelitian yang akan dijadikan sebagai tempat penelitan adalah Akademi Bisnis Online Indonesia, Surabaya.
Teknik Pengumpulan Data
 :
Pengumpulan data dalam penelitan ini dilakukan melalui penelitian lapangan untuk mendapatkan informasi maupun data dengan terjun langsung ke objek yang dijadikan sasaran penelitian yang dapat memberikan data atau informasi yang berkaitan dengan focus penelitian dengan cara wawancara, pengamatan, dan dokumentasi.
Instrumen Penelitian
 :
Instrumen Penelitian adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur fenomena alam maupun sosial yang diamati. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, interview guide, dan perangkat penunjang lainnya.
Analisis Data
 :
Analisis data kualitatif menurut Bogdan dan Biklen (1982) yang dikutip Moleong (2013 : 248) adalah upaya yang dilakukan dengan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensistensiskannya, mencari dan menemukan Jurnal Administrasi Bisnis
Kesimpulan
 :

1. Berkembangnya informasi dan teknologi, pengusaha terdorong untuk memasarkan produk dan jasanya secara online agar konsumen dapat dengan mudah mengetahui yang mereka tawarkan ke konsumen. Media online tidak memerlukan biaya yang sangat banyak dalam hal penyebaran informasinya dan berdampak sangat efektif bila bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar, serta ditujukan kepada segmentasi yang tepat.

2. Dalam upaya pengembangan e-business ke masyarakat, Akademi Bisnis Online telah melakukan berbagai macam kegiatan seperti seminar, workshop, dan pelatihan intensif.

3. Akademi Bisnis Online Indonesia menerapkan strategi Search Engine Optimalization dalam pembuatan website dan segala aktivitas pemasarannya secara online, yaitu dengan memasukkan keyword atau kata kunci yang nantinya akan dapat dilacak oleh mesin pencari seperti Google atau Yahoo. Riset keyword dilakukan terlebih dahulu sebelum memastikan keyword yang akan digunakan. Ada beberapa tools yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan riset, salah satu tools yang bisa digunakan untuk melakukan riset kata kunci untuk website adalah Google Adwords Keyword Planner.

 

 
 

Jurnal 2 

ANALISIS PENERAPAN E-BUSINESS STUDI KASUS PADA PT.SINAR MAS AGRO RESOURCE AND TECHNOLOGY (SMART). Tbk

Sebelum mereview lebih lanjut mengenai jurnal tersebut, sebelumnya harus diketahui mengenai E-Business. E-Business dapat diartikan sebagai pemanfaatan teknologi jaringan dan komunikasi oleh sebuah organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk meningkatkan proses bisnisnya.

Pada jurnal yang saya review ini melakukan sebuah analisis terhadap PT. SMART, Tbk yang menggunakan system E-Business untuk meningkatkan keuntungan perusahaan tersebut. Keuntungan menggunakan E-Business ini banyak dirasakan oleh banyak pihak, bukan hanya oleh perusahaan itu sendiri, melainkan para investor serta para konsumen juga dapat merasakan keuntungannya.

Dari pihak investor keuntungan yang dapat dirasakan adalah dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai laporan keuangan PT. SMART, Tbk serta dapat memperoleh informasi mengenai pengumuman deviden melalui item for investor. Selain dari pihak investor, pihak konsumen juga mendapat keuntungan berupa dapat melihat informasi mengenai produk produk apa saja yang dihasilkan oleh PT. SMART, Tbk melalui item for consumer, serta bagi para pencari kerja (job seeker) juga mendapatkan keuntungan dari E-Business ini. Dengan melalui item for job sekeer para pencari kerja dapat melihat lowongan kerja yang dibutuhkan di PT. SMART, Tbk. Namun dari semua kelebihan ini, ada sedikit kekurangan yang terlihat dari laporan keuangannya. Pada laporan keuangan yang terdapat pada jurnal tersebut, menunjukan keuntungan yang didapat oleh perusahaan namun laporan keuangan yang ditampilkan kurang begitu terperinci. Sehingga mengakibatkan biaya yang telah dikeluarkan untuk promosi serta keuntungan yang didapat oleh perusahaan dari penggunaan E-Business ini tidak dapat diketahui besaran rupiahnya.

Saran saya, untuk kedepannya PT. SMART, Tbk ini dapat menampilkan laporan tersebut lebih terperinci sehingga dapat membantu bagi para perusahaan lainnya yang ingin menggunakan E-Business ini untuk kemajuan perusahaannya.

Kesimpulan dari review ini adalah penggunaan E-Business bagi perusahaan sebesar PT. SMART, Tbk sangat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Namun bagi perusahaan dengan skala menengah dan menengah ke bawah, penggunaan E-Business ini sangat tidak dianjurkan karena biaya yang dibutuhkan tidak sedikit dan ditakutkan perusahaan tersebut gulung tikar (rugi). Jadi penggunaan E-Business ini disarankan digunakan oleh perusahaan yang memiliki keuangan yang lumayan besar. Selain biaya besar yang dibutuhkan untuk membuat E-Business ini, resiko yang diakibatkan juga besar.

Jurnal 3

PENERAPAN E-BUSINESS DI INDONESIA

Yulia Mustika Wati

2011

Tujuan Penulisan  

Tujuan utama dari penulisan jurnal ini meliputi beberapa faktor, yaitu:

  1. Mengidentifikasi kondisi penerapan E-Business di Indonesia
  2. Melakukan lesson learned penerapan E-Business di negara – negara maju  berdasarkan penelusuran internet maupun jurnal ilmiah
  3. Menyusun model penerapan model E-Business di Indonesia berdasarkan lesson learned dan faktor lingkungan

Tinjauan Literatur

E-Business tidak hanya melibatkan penjualan dan pembilian produk ataupun jasa, namun melibatkan pelayanan kepada pelanggan, kerjasama dengan mitra bisnis, dan melakukan transaksi elektronik di dalam organisasi.

  1. Enterprise Aplication Integration : Digunakan oleh banyak perusahaan untuk menggabungkan aplikasi business seperti CRM dan ERP.  Dengan EAI bisa menyediakanmiddleware yang melakukan konversi dan kordinasi data, komunikasi aplikasi dan layanan pesan.
  2. Transaction Processing System : Transaksi merupakan bagian dari aktivitas bisnis meliputi penjualan, pembelian, penyimpanan, penarikan, pengembalian dan pembayaran.  Disetiap transaksi terdapat proses dimana transaksi dibutuhkan untuk menagkap dan memproses informasi.
  3. Enterprise Colaboration System : Merupakan sebuah sistem kerjasama sebagai sistem lintas fungsi untuk meningkatkan komunikasi, kordinasi dan kerjasama diantara para anggota tim bisnis dengan kelompok kerja.
  4. Sistem Fungsi Bisnis : Terdiri dari lima komponen utama, yaitu marketing, human resource management, finance, accounting, dan production / operation.
  5. Sistem Marketing : Sistem ini berhubungan dengan perencanaan, promosi dan penjualan produk.
  6. Sumber Daya Manusia (SDM) : SDM melibatkan perekrutan, penempatan, evaluasi, kompensasi, dan pengembangan karyawan dalam sebuah organisasi.
  7. Sistem Manajemen Keunagan : Sistem ini mendukung manajer bisnis dan para praktisi dalam keputusan yang berkaitan dengan keuangan bisnis alokasi serta pengendalian sumber daya keuangan di dalam bisnis.
  8. Sistem Akuntansi : Merupakan sistem informasi tertua dan paling banyak digunakan.  Sistem akuntansi komputer berguna mencatat dan melaporkan arus dana melalui pengaturan dan pembuatan laporan keuangan.
  9. Manufacturing System : Sistem ini mendukung produksi / operasi yang meliputi semua aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian proses menghasilkan produk atau jasa.

Prospek E-Business

E-Business akan banyak di terapkan di perusahaan di Indonesia kedepannya. Tuntutan globalisasi dan tingkat persaingan merupakan salah satu faktor utama yang mengharuskan perusahaan untuk menggunakan E-Business. Peningkatan pelayanan dan promosi dapat dikendalikan dengan baik serta ditingkatakan secara maksimal.

Penarapan E-Business

Untuk penerapan E-Business di Indonesia pada jurnal ini dijelaskan dapat di aplikasikan dalam beberapa sistem perusahaan yang meliputi :

  1. Sistem Fungsi Bisnis
  2. Sistem Kerjasama Perusahaan
  3. Sistem Transaksi
  4. Sistem Aplikasi Perusahaan

Kesimpulan

Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa Penulis sangatlah mendukung adanya perkembangan E-Business yang sangat signifikan yang semestinya di terpakan di Indonesia, dengan memasukai jaman globalisasi ini sudah seharusnya para perusahaan menggunakan E-Business dalam peningkatan pelayanan pelanggan serta sebagai ajang promosi produk yang lebih meluas.

Penulis juga menunjukan bahwa prospek E-Business di Indonesia ini akan berjalan bagus dan akan berkembang pesat ke depannya karena dengan adanya metode ini akan menguntukan pelanggan dari segi pelayanan maupun akses, yang dimana sekarang kemajuan teknologi sangatlah cepat dan orang – orang sudah bisa memanfaatkan dengan baik teknologi yang ada.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s