Contoh Penerapan E-Business Studi Kasus PT. SINAR MAS AGRO RESOURCE AND TECHNOLOGY (SMART). Tbk

“ANALISIS PENERAPAN E-BUSINESS STUDI KASUS PADA PT.SINAR MAS AGRO RESOURCE AND TECHNOLOGY (SMART). Tbk”

Dosen Pembimbing

Mohamad Ali Murtadho S.Kom, M.Kom

unipdu logo

Disusun Oleh

Agung Wijayanto (4114048)

FAKULTAS TEKNIK PRODI SISTEM INFORMASI

UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM

JOMBANG

2017

Sebelum mereview lebih lanjut mengenai jurnal tersebut, sebelumnya harus diketahui mengenai E-Business. E-Business dapat diartikan sebagai pemanfaatan teknologi jaringan dan komunikasi oleh sebuah organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk meningkatkan proses bisnisnya.

Pada jurnal yang saya review ini melakukan sebuah analisis terhadap PT. SMART, Tbk yang menggunakan system E-Business untuk meningkatkan keuntungan perusahaan tersebut. Keuntungan menggunakan E-Business ini banyak dirasakan oleh banyak pihak, bukan hanya oleh perusahaan itu sendiri, melainkan para investor serta para konsumen juga dapat merasakan keuntungannya.

Dari pihak investor keuntungan yang dapat dirasakan adalah dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai laporan keuangan PT. SMART, Tbk serta dapat memperoleh informasi mengenai pengumuman deviden melalui item for investor. Selain dari pihak investor, pihak konsumen juga mendapat keuntungan berupa dapat melihat informasi mengenai produk produk apa saja yang dihasilkan oleh PT. SMART, Tbk melalui item for consumer, serta bagi para pencari kerja (job seeker) juga mendapatkan keuntungan dari E-Business ini. Dengan melalui item for job sekeer para pencari kerja dapat melihat lowongan kerja yang dibutuhkan di PT. SMART, Tbk. Namun dari semua kelebihan ini, ada sedikit kekurangan yang terlihat dari laporan keuangannya. Pada laporan keuangan yang terdapat pada jurnal tersebut, menunjukan keuntungan yang didapat oleh perusahaan namun laporan keuangan yang ditampilkan kurang begitu terperinci. Sehingga mengakibatkan biaya yang telah dikeluarkan untuk promosi serta keuntungan yang didapat oleh perusahaan dari penggunaan E-Business ini tidak dapat diketahui besaran rupiahnya.

Saran saya, untuk kedepannya PT. SMART, Tbk ini dapat menampilkan laporan tersebut lebih terperinci sehingga dapat membantu bagi para perusahaan lainnya yang ingin menggunakan E-Business ini untuk kemajuan perusahaannya.

Kesimpulan dari review ini adalah penggunaan E-Business bagi perusahaan sebesar PT. SMART, Tbk sangat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Namun bagi perusahaan dengan skala menengah dan menengah ke bawah, penggunaan E-Business ini sangat tidak dianjurkan karena biaya yang dibutuhkan tidak sedikit dan ditakutkan perusahaan tersebut gulung tikar (rugi). Jadi penggunaan E-Business ini disarankan digunakan oleh perusahaan yang memiliki keuangan yang lumayan besar. Selain biaya besar yang dibutuhkan untuk membuat E-Business ini, resiko yang diakibatkan juga besar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s