E-MARKETPLACE

E-MARKETPLACE

 

Dosen Pembimbing :

Endang Kurniawan, S.Kom., M.M., CEH, CHFI, CIPM.

unipdu logo

NIM 4114048

NAMA AGUNG WIJAYANTO

UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ‘ULUM JOMBANG

FAKULTAS TEKNIK PRODI SISTEM INFORMASI

2016

KATA PENGANTAR

        Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas kelimpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul tentang         “E-MARKETPLACE”. Shalawat beriringan salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan pengikutnya.

Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya juga penyusun sampaikan kepada semua pihak yang terlibat, atas bantuan dan dukungannya dalam menyelesaikan makalah ini.

Penyusun menyadari masih banyak kesalahan atau kekurangan dan masih jauh lagi dalam kesempurnaannya baik dari segi materi maupun penyusunan serta penulisan dalam makalah ini. Namun, kami sudah mengerjakan semampu kemampuan kami. kami berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

                                                                                                                                  Jombang, 8 Mei 2016

                                                                                                                                       Penyusun

 

 

 

Pengertian  E-Marketplace

 

Ada beberapa situs marketplace yang popular di Indonesia :

a.   Tokopedia

b.   Bukalapak

c.   Lazada

d.   Toko Bagus

e.   OLX

f.   dan lain-lain.

Marketplace adalah sebuah pasar virtual dimana pasar tersebut menjadi tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi. E-market mempunyai fungsi yang sama dengan sebuah pasar tradisional, hanya saja yang menjadi perbedaan nya adalah E-Market ini lebih terkomputerisasi dengan menggunakan bantuan sebuah jaringan dalam mendukung sebuah pasar agar dapat dilakukan secara efisien dalam menyediakan update informasi dan layanan jasa untuk penjual dan pembeli yang berbeda-beda.

Fungsi sebuah pasar sendiri adalah :

a.   Menghubungkan antara penjual dan pembeli.

Menentukan produk yang akan ditawarkan, mencari pembeli atau penjual. Dan menemukan harga yang sesuai.

b.  Memfasilitasi transaksi

Transaksi antara lain pembayaran, pengiriman, pertukaran informasi dll

c.   Menyediakan infrastruktur

Aturan pemerintah, hukum yang berlaku.

Perbedaan yang paling krusial hanya terletak pada online nya. Pada e-marketplace, kita bisa pergi ke pasar kapan saja dan dimana saja selama ada akses internet. Fitur-fiturnya pun semakin memudahkan proses jual beli. Kita bisa mencari barang atau jasa yang kita butuhkan hanya dengan mengetikkan spesifikasinya, maka sistem langsung dengan cepat mencocokkan.  Lebih hemat waktu, energi, dan juga biaya.

Kelebihan Marketplace :

a.   Pembeli dan penjual bisa bertransaksi secara langsung.

b.   Transaksi lebih jelas dan kecurangan dalam bisnis kemungkinannya kecil.

Kelemahan Marketplace :

a.   Tidak efisien waktu dan tempat.

b.   Pembeli dan penjual tidak bisa melakukannnya dalam jarak jauh, mereka harus bertemu langsung.

Jenis-jenis Marketplace :

a.   Private E-Marketplace :

Pasar online yang dimiliki atau dikelola oleh satu perusahaan (Perusahaan tersebut mempunyai kendali atas setiap transaksi di dalam pasar tersebut).

b.  Public E-Marketplace:

Pasar online yang dimiliki atau dikelola oleh pihak ketiga yang independen.

Bentuk-bentuk Marketplace :

a.   Webstore, adalah website toko online yang didirikan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya.

b.   Electronic stores/malls, adalah tempat dimana penjual-penjual berkumpul memasarkan produknya.

c.   Web Portals, adalah portal online yang menjadi gateway ke produk atau informasi yang dibutuhkan.

Komponen Marketplace :

Komponen dari sebuah marketplace hampir sama dengan komponen pada pasar tradisional pada umumnya, yang paling penting agar terjadinya sebuah transaksi adalah dengan adanya calon penjual dan pembeli. Beberapa komponen yang menunjang sebuah marketplace itu sendiri, yaitu :

a.   Pelanggan

Pelanggan berasal dari seluruh dunia, yang surf melalui Web.

b.   Penjual

Jutaan toko ada di Web, iklan dan menawarkan barang yang sangat bervariasi.

c.   Barang dan jasa

Barang dan jasa di EC mempunyai tipe fisik dan digital. Digital produk ini adalah barang yang dibuah menjadi format digital dan di kirim melalui Internet.

d.   Infrastruktur

Network, hardware, software dan lainnya adalah infrastuktur yang harus disiapkan dalam menjalankan e-marketplaces.

e.   Front end

Penjual dan pembeli berhubungan dalam marketspace melalui sebuah front end. Front end ini berisi portal penjual, catalok elektronik, shopping chart, mesin pencari, mesin lelang,

f.   Back end

Aktivitas yang berhubungan dengan pemesanan dan pemenuhan pemesanan, manajemen persediaan, pembelian dari pemasok, akuntansi dan financial, proses pembayaran, pengepakan, dan pengiriman dilakukan di back end.

g.   Intermediaries

Pihak ke tiga yang mengoperasikan antara penjual dan pembeli. Kebanyakan dioperasikan secara komputerisasi.

h.   Partner bisnis lainnya

Misalnya pengiriman, menggunakan internet untuk berkolaborasi, kebanyakan dengan rantai pemasok

i.    Jasa pendukung

Jasa sertifikasi, jasa keamanan biasanya masuk dalam jasa pendukung.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s